Disiplin itu penting

Kota Banjarbaru semakin hari makin ramai, Banjarbaru memang benar-benar jadi Kota Idaman bagi masyarakatnya.  Selain gedung-gedung yang sudah banyak dibangun juga tempat-tempat santai dan bermain untuk anak-anak juga disediakan. Lapangan Murjani tak pernah sepi dari keramaian, mulai dari pamera, panggung hiburan, pasar malam, dll sering digelar di sana. Pokoknya Banjarbaru selalu semarak deh.

Namun semua itu tentunya harus diimbangi dengan adap dan sopan santun masyarakatnya. Karena sebuah kota yang cantik tercipta bukan dari gedung-gedung dan penataan kota yang indah saja, tapi keramahan, kesantunan dan juga disiplin masyarakatnya juga sangat diperlukan agar tercipta keamanan dan ketentraman. 

Disiplin adalah hal yang perlu kita tanamkan sejak dini, jika seseorang tidak disiplin selain dapat membahayakan dirinya sendiri juga dapat membahayakan orang lain. Disiplin adalah hal yang sangat penting dan harus dimiliki semua orang disiplin perlu dilatih misalnya disiplin berlalu lintas.

Saya jadi ingat pengalaman saya beberapa waktu yang lalu ketika saya mengendarai mobil dengan putri saya. Waktu itu hari Jum’at sore kami melintasi jalan Panglima Batur. Seperti biasa banyak anak-anak muda (ABG) yang mengendarai sepeda motor seenaknya. Mereka memenuhi ruas jalan sehingga menghambat pengguna jalan lainnya. Ada yang ngebut dijalan dan mereka semua tidak menggunakan helm sebagai pengaman.

Saat itu persis di depan Mesjid Khanzul Khairat ada dua orang cewek mengendarai kendaraan di depan kami. Kecepatan mobil saya sangat lambat karena banyak kendaraan ABG ada di depan dan di kanan-kiri kami. Tiba-tiba saya menyaksikan kedua cewek tadi mau bertukar tempat duduk dalam keadaan kendaraan masih berjalan. Belum lagi keheranan saya hilang melihat aksi mereka lakukan, tiba-tiba mereka jatuh kurang lebih 2 meter di depan mobil saya.

Alhamdulillah saya berhasil mengijak rem tepat di depan kendaraan mereka. Saya kaget dan sempat emosi, saya bilang kalau naik kendaraan jangan sambil bermain, kalau mau mati jangan di jalan bisa  membahayakan orang lain. Eh ternyata anak itu menjawab dengan nada ketus dan cuwek, dia bilang kami tahu aja kami yang salah ibu terus aja ini urusan kami. Dan dengan dibantu teman-temannya mereka semua kabur karena mereka tahu ada polisi yang datang. Semua bubar sepertinya tidak ada kejadian apapun.

 Sungguh saya sangat miris melihat tingkah laku mereka, sebagai orang ibu saya betul-betul sedih apakah mereka tidak bisa minta maaf padahal dia tahu kesalahannya. Apakah dia lupa didikan sopan santun orang tuanya dan guru-gurunya di sekolah. 

 Saya juga heran kenapa anak-anak kok dibiarkan mengendarai kendaraan di jalan raya seenaknya tanpa menghiraukan keselamatan diri mereka dan keselamatan orang lain. Setiap Jum’at dan Sabtu sore mereka memenuhi jalan tanpa menggunakan helm pengaman. Apakah ada kebebasan untuk tidak menggunakan helm setiap Jum’at dan Sabtu sore.

Pak polisi tolong dong ditertibkan anak-anak muda(ABG) yang suka kebut-kebutan di jalan raya dan tanpa menggunakan helm. Ini sangat meresahkan pengguna jalan lainnya. Kenapa mereka dibiarkan nanti mereka terbiasa tidak mentaati peraturan lalu lintas. Sebaiknya disiplin terus ditanamkan apalagi untuk anak-anak muda sebagai generasi kita selanjutnya. Agar Kota Banjarbaru menjadi kota yang cantik dan menjadi idaman bagi semua orang. OK!

Terima kasih!!!!!!

4 Responses to “Disiplin itu penting”


  1. 1 mancaracat Januari 31, 2009 pukul 5:18 pm

    itu baru dijalan raya …coba tengok ke belakang…dibawah pohon di jok roda dua, remang remang lagi pasangan muda mudi yg sedang kasmaran …nah itu yang membuat kota banjarbaru tercoreng nantinya. bagaimana menurut anda ?

    Nah itu dia, basmi sekarang jangan sampai Kota yang kita cintai ini jadi tempat maksiat jenis apapun juga. Ini tanggungjawab kita semua. Mari kita mulai dari dalam keluarga kita masing-masing, sadarkan para remaja Insya Allah Masyarakat dan kota ini akan tertib dan amaaaaaaannnnn.

  2. 2 mancaracat Januari 31, 2009 pukul 5:24 pm

    panting banar tu….bu ai…

  3. 3 ilham Februari 28, 2009 pukul 8:20 am

    tugas kita tambah berat sekarang, budi pekerti anak-anak kian luntur, mari kita tanamkan disiplin dari diri kita sendiri dulu …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: