Manfaat Tugas Tambahan.

Guru merupakan salah satu ujung tombak dalam pendidikan. Tugas guru sangat berat tapi sangat mulia. Tugas seorang guru bukan hanya mengajar tapi juga mendidik. Mengajar adalah tugas pokok seorang guru artinya kewajiban guru adalah mengajar. Terus bagaimana dengan tugas tambahan yang diberikan kepada seorang guru? Apakah harus kita terima atau kita tolak? Dan bagaimana kita harus menyikapinya.

 

Di dalam ajaran Agama Islam ada kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat Islam, misalnya shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan dan sebagainya. Kewajiban-kewajiban itu harus dikerjakan dan bila tidak akan berdosa. Berarti jika tidak dikerjakan kita punya hutang  dan wajib pula kita bayar.
Sekarang bagaimana dengan ibadah-ibadah yang disunatkan dalam agama, apakah kita cukup melaksanakan yang wajib-wajib saja? Padahal yang namanya ibadah sunat itu dapat menutupi atau memperbaiki bahkan dapat menyempurnakan ibadah yang wajib tersebut. Misalnya membaca Al-Qur’an, bagaimana bacaan shalat  bisa sempurna kalau  kita tidak bisa baca Al-Qur’an. Tapi tidak bisa baca Al-Qur’an bukan berarti bebas dari kewajiban mengerjakan shalat, karena itu wajib dan tidak bisa ditawar-tawar.
Seseorang yang rajin mengerjakan ibadah atau shalat sunat berarti dia punya kelebihan yach bisa disebut punya tabungan, karena ibadahnya merupakan ibadah tambahan bukan membayar kewajiban. Jika itu terus dilakukan berarti dia sering menghadap Allah dan tentunya akan lebih dikenal sebagai hamba yang taqwa. Beda dengan yang hanya mengerjakan yang wajib saja ibadahnya cukup untuk membayar kewajibannya sedangkan kelebihannya tidak ada. Bahkan bisa-bisa ibadahnya justru tidak cukup untuk membayar kewajiban tersebut karena kurang sempurna. (Kok kaya penceramah aja ya?)
Seperti itulah jika diibaratkan dengan tugas pokok seorang guru. Jika kita hanya berfikiran bahwa kita cukup melaksanakan tugas pokok saja dan tugas tambahan itu tidak ada manfaatnya, saya rasa itu keliru. Coba kita renungkan kembali sebagai seorang guru katakanlah kita sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran di kelas tapi tidak ada tugas-tugas tambahan lain yang kita kerjakan padahal kita punya kompetensi. Apakah orang lain akan tahu dengan kompetensi yang kita miliki?
Keberhasilan kadang-kadang bisa didapat malalui tugas-tugas tambahan. Orang akan kenal dengan seseorang kalau orang tersebut sering muncul atau aktif dalam berbagai hal, apalagi dia mampu menunjukkan prestasinya. Wah ini akan membawa orang tersebut menuju kesuksesan. Jadi menurut saya tugas pokok Ok dan tugas tambahanpun bermanfaat maka dari itu kita terima dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Untuk memperkaya pengalaman diri kita tentunya kita harus rajin mencari pengalaman tersebut. Banyak hal yang bisa membuat pengalaman kita bertambah asal mau berkerja. Apalagi pekerjaan tersebut kita lakukan dengan sepenuh hati dan tentunya dengan ikhlas. Janganlah kita berfikiran atau berharap sesuatu atas pekerjaan tersebut karena itu bisa membuat kita kecewa. Anggaplah pekerjaan tadi sebagai pengalaman maka kita tidak akan terbebani dengan harapan-harapan yang mungkin sangat mengecewakan nantinya.
Namun dengan keikhlasan tadi suatu saat kita akan dapat memetik hasilnya. Ayo berkarya dan bekerjalah demi penddidikan. Insya Allah akan berbuah manis dikemudian hari. Mari tingkatkan kemampuan kita (guru-guru) di Banjarbaru. Manfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Pokja PPMP Kota Banjarbaru agar pendidikan lebih maju lagi. Ok !!!!
Bagaimana menurut sampeyan?

 

 

 
 
 

 

 

3 Responses to “Manfaat Tugas Tambahan.”


  1. 1 Ersis Warmandyah Abbas April 30, 2008 pukul 3:20 am

    Majulah pendidikan, majukan diri sendiri lebih dulu. Tse tse

    Insya Allah, maju terus ……….

  2. 2 senopatiarthur April 30, 2008 pukul 4:38 am

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/manfaat_tugas_tambahan_

    Terima kasih atas kunjungan dan infonya. Tapi belum tau cara mempromosikannya.

  3. 3 heriyuwandi April 30, 2008 pukul 10:11 am

    betul tu bu.tugas tambahan itu merupakan sarana penimba ilmu dan pengalaman bagi para guru.
    terus terang, dr sekian banyak guru yang saya kenal, menurut saya hanya sekitar 3 dr 10 org guru di bajarbaru yang mau meningkatkan skill dan profesionalismenya dengan memanfaatkan basis IT dan tugas2 tambahan.
    kebanyakan dari “angkatan muda” ky pian ini.selebihnya monoton dengan hal yg itu2 saja.
    mereka seperti tidak bersemangat lagi belajar.padahal menjadi guru itu bukan berhenti belajar.malah sebaliknya harus semakin banyak belajar.
    coz mengajar 30 org murid berarti harus mempelajari karakkter 30 org yang berbeda demi satu tujuan yaitu mencerdaskan mereka lewat ilmu yang kita miliki.
    berat memang.tapi saya yakin guru-guru di banjarbaru bisa melakukannya.
    sukses selalu… ^_^

    Iya yang namanya belajarkan ga ada batasnya, dari buaian sampai liang lahat. Terima kasih atas komennya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: