KEMAUAN

Saya merasa ilmu yang saya miliki sangat-sangat sedikit, semakin belajar semakin terasa diri ini sangat kurang ternyata banyak sekali hal-hal belum diketahui. Oleh karena itu setiap ada kesempatan atau ada sesuatu yang baru saya sangat tertarik untuk belajar yah meskipun  itu sulit bagi saya. Tapi saya selalu berusaha belajar semampu saya, ibarat orang naik motor dijalan yang licin hanya pakai gigi satu tapi jangan salah lho bukan orang yang mengendarai motornya yang yang hanya punya gigi satu. Maksudnya mudah sekali bagi orang lain tapi saya lambaaaaaaat sekali baru bisa.

Rasa ingin tahu, ingin bisa selalu mendorong saya untuk terus belajar dan mau menerima tugas yang diberikan kepada saya. Saya berpendapat tugas apapun yang diberikan kepada kita adalah sesuatu yang sangat berharga dan bermanfaat bagi kita, yang pertama adalah pengalaman. Dan seberat apapun tugas yang kita pikul bila kita kerjakan dengan senang hati dan ikhlas maka akan menghasilkan sesuatu yang sangat membahagiakan kita.

Itu pendapat saya, tapi menurut orang lain????????. Saya sering ngobrol dengan teman-teman mereka setuju-setuju saja tapi begitu diajak untuk belajar atau bekerja untuk meningkatkan ilmu atau kinerja, waaaah beribu macam alasan yang diberikan. Pahitnya lagi jawabannya enak sekali tanpa beban, katanya ah gak diberhentikan juga atau kalau dipensiunkan yah pensiun gak apa-apa.

Memang mengajak orang lain untuk maju itu berat sekali dan perlu kesabaran, ini saya rasakan selama memandu teman-teman di KKG IPA. Dalam kegiatan KKG IPA kami selalu mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi guru-guru IPA di lapangan. Paling banyak mereka mengatakan bahwa minat belajar siswa kurang, ribut saat belajar, tidak mengerjakan PR di rumah dan sebagainya. Permasalah-permasalahan tersebut kami pecahkan bersama dengan berdiskusi atau sharing.

Tidak sekedar diskusi atau sharing saja, kami coba melakukan Peer Teaching ( mengajar teman sejawat sebagai siswa)untuk memperbaikan atau meningkatkan proses pembelajaran. Strategi atau metode apa yang tepat untuk digunakan, bagaimana alat peraga digunakan dan sebagainya. Tapi ini tidak mudah tidak semua guru mau tampil untuk melakukan peer teaching,  ada yang mau tapi kerena terpaksa katanya persiapan untuk peer teaching tersebut menjadi beban mereka. Padahal mengajar  itukan  sudah pekerjaan kita setiap hari, apakah mengajar itu dianggap hanya sebagai pekerjaan rutin saja. Bila sudah dilaksanakan ya sudah selesai tanpa mau memikirkan bagaimana memperbaik atau meningkatkan lagi yang selama ini sudah dicapai?

Memperbaik ataupun meningkatkan mutu baik proses maupun hasil belajar tentunya perlu pengorbanan baik waktu, tenaga dan juga dana. Ini yang saya katakan tadi tidak semua orang mau berkorban atau tidak mau repot. Kesadaran ingin maju, ingin lebih baik yang timbul dalam diri sendiri itu sering tidak muncul makanya sulit untuk mengikuti ajakan orang lain. Memang tidak semua orang begitu ada juga orang yang punya semangat tinggi dan mau ikut. Orang-orang inilah yang membuat kita yang mengajak menjadi bersemangat lagi. Semangat-semangat-semangat dan seeemangat!!!!!

Gimana menurut sampeyan?

2 Responses to “KEMAUAN”


  1. 1 Ersis W. Abbas Januari 20, 2008 pukul 3:01 pm

    Bagus terus. Ya, tulis apa yang dipikirkan dan dialami, jangan mikir yang hebat-hebat, yang dialami saja. Bagus kan hasilnya.

    Oh, ya. Sonific SongSpot dibuang dari widget, biar tampilan bagus ngak memanjang ke bawah. Trus menulis.

    terima kasih atas kunjungannya baru belajar he..he

  2. 2 latifah04 Januari 21, 2008 pukul 1:24 pm

    Terima kasih atas kunjungannya, Insya Allah ulun teruskan.
    Salam.


Tinggalkan Balasan

